Makanan untuk ibu hamil sebaiknya dipilih sesuai kadar asupan gizi yang cukup. Hal ini dikarenakan janin dalam kandungan ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang sesuai. Apabila gizi makanan untuk janin kurang maka akan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan janin.

 

Dalam pemilihan makanan, terpenting adalah kandungan gizinya seimbang. Seimbang dalam artian, tidak kurang dan tidak berlebih. Selain pemilihan makanan, makan dengan teratur juga patut dicermati. Percuma apabila makan makanan bergizi tetapi tidak rutin setiap hari dan tidak di jam yang sama.

 

Supaya lebih jelas, silakan simak ulasan di bawah ini tentang makanan sehat untuk ibu hamil dengan nutrisi yang cukup.

 

1. Makanan Berprotein Tinggi

Makanan pertama yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah makanan berprotein tinggi. Protein sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Protein sendiri dapat diperoleh pada daging, ikan, dan telur. Ketiga jenis makanan ini akan sangat baik apabila Anda konsumsi rutin setiap hari.

 

Sebagai catatan, apabila Anda kurang suka dengan daging sapi, maka dapat mengganti menu makanan menjadi daging ayam. Sajikan daging, ikan, ataupun telur di setiap santapan wajib Anda.

 

2. Buah-buahan dan Sayuran Hijau

Makanan kedua yang bagus untuk ibu hamil adalah buah-buahan dan sayuran hijau. Sebagaimana diketahui, kandungan nutrisi pada buah dan sayuran sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil dan kandungannya. Selain itu, nutrisi dalam buah dan sayur sangat cepat diserap oleh darah sehingga manfaatnya cepat terasa.

 

Selebihnya, Anda dapat menyertakan buah-buahan dan sayuran hijau ke dalam menu makanan yang setiap hari Anda konsumsi. Yang paling penting, Anda mengonsumsinya dengan rutin setiap hari.

 

3. Makanan Pendamping

Makanan ketiga yang kami anjurkan adalah makanan pendamping. Susu adalah yang paling cocok untuk dikonsumsi sebagai pendamping. Anda dapat membeli susu khusus untuk ibu hamil. Sebab, susu yang dibuat khusus untuk ibu hamil memiliki komposisi yang pas. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi baik dari ibu hamil maupun janin akan terpenuhi.

 

Ketiga makanan di atas merupakan hal wajib apabila menginginkan asupan gizi yang cukup. Namun sebagai tambahan, berikut penulis berikan tiga alternatif makanan untuk bisa dikonsumsi sebagai selingan.

 

Buah Pisang

Pisang sangat cocok dimakan oleh ibu hamil ketika kehamilan trismester pertama. Pisang mampu mencegah terjadinya mual, muntah, dan pusing. Kandungan gizi dalam buah ini juga cukup baik, yaitu vitamin B6 yang tinggi, serat, vitamin C, asam folat, dan potasium.

 

Buah Alpukat

Alpukat juga bermanfaat untuk ibu hamil. Buah ini pas untuk dikonsumsi ketika masa kandungan menginjak trismester kedua. Kandungan gizi dalam buah alpukat diantaranya sumber serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan asam folat.

 

Buah Pepaya

Selanjutnya, untuk trismester ketiga sebaiknya Anda mengonsumsi buah pepaya. Kandungan serat yang tinggi dan potasium serta vitamin C mampu mencegah terjadinya sembelit.

 

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan sehat untuk ibu hamil. Semoga tulisan ini menambah referensi Anda tentang nutrisi pada makanan ibu hamil.

sumber : http://www.duniainformasikesehatan.com

Advertisements